Ulasan Moons of Madness (PS4)

Apakah isolasi yang dilakukan sendiri membuat Anda gila? Maka Anda memiliki sesuatu yang sama dengan pahlawan dari horor luar angkasa ini, yang isolasi di planet Merah berubah menjadi mimpi buruk, dan mengungkapkan rahasia mendalam tentang masa kecilnya.

Setelah melalui pengembangan limbo, Moons of Madness diselamatkan oleh Funcom, dan beberapa tahun setelah debutnya di Gamescom akhirnya dirilis. Sebagai hasil dari campur tangan ini, permainan sekarang dapat dianggap sebagai cerita sampingan dari alam semesta Rahasia Dunia. Seperti halnya The Park, dasi-in lainnya, mereka yang telah memainkan MMO yang sangat populer akan menemukan beberapa referensi untuknya di Moons of Madness. Sebagai hasilnya, permainan ini bukan hanya kisah horor Lovecraftian yang “sederhana” di luar angkasa, tetapi juga bagian dari dunia fiksi yang lebih besar yang melampaui beberapa game.

Dalam horor luar angkasa ini, yang dapat Anda selesaikan sekitar 6-8 jam, Anda akan menemukan referensi ke budaya dan pengetahuan lainnya. Anda harus berjalan dalam sepatu ruang angkasa Shane Newehart, bagian dari tim sains, yang hidup dalam bayang-bayang Phobos dan Deimos, bekerja untuk sebuah perusahaan misterius bernama Orochi. Sebagai seorang insinyur, tugas Anda seharusnya jatuh pada pemeliharaan peralatan yang sederhana, tetapi hal-hal segera menjadi sangat rumit dengan sangat cepat.

Moons of Madness (PS4)

Semuanya dimulai dengan mimpi buruk, pertanda peristiwa yang akan terungkap: visi gelap, rekan kerja menjadi gila, monster, jeritan, dewa kuno dan masalah ibu. Pada satu titik, pahlawan akan menyerah pada kegilaan ini, tidak tahu persis apa yang nyata dan apa kengerian yang hanya ada dalam pikirannya yang bermasalah.

Ceritanya akan berbelit-belit dengan cepat, menjadi satu-satunya bagian yang lebih rumit dari permainan. The Moons of Madness, pada dasarnya, adalah simulator berjalan, dengan perkelahian disajikan sebagai QTE dan beberapa teka-teki sederhana. Jelas bahwa pengembang akan pergi untuk pengalaman film interaktif atau game petualangan yang sangat ringan.

Masalahnya adalah gameplaynya terlalu sederhana, tanpa tantangan nyata, sementara cerita tersedak plot yang berbeda, semua terjadi pada waktu yang bersamaan. Di sisi positifnya, para desainer berhasil memasukkan beberapa momen menakutkan, yang akan membuat jantung Anda berdebar kencang, terutama karena Anda tidak melihat mereka datang. Pada sisi negatifnya, kecuali untuk beberapa saat ini, permainan tidak memiliki ketegangan dan terasa lebih seperti sebuah drama daripada sebuah thriller.

Bahkan kehabisan oksigen, yang seharusnya menjadi masalah besar di Mars, bukanlah ancaman nyata karena stasiun oksigen yang ditempatkan dengan murah hati. Sepertinya para pengembang ingin menyajikan cerita horor, tetapi mereka terus memegang tangan Anda sehingga Anda tidak terlalu takut. Juga, dengan akhir yang datar, Moons of Madness membuatnya sangat jelas bahwa perjalanan lebih penting daripada tujuan. Tanpa memasuki wilayah spoiler, setelah melihat keseluruhan cerita, kita dapat melihat seluruh pengalaman sebagai perjalanan penemuan-diri yang menakutkan, berlangsung di ruang angkasa, di mana pahlawan kita berdamai dengan iblis masa kecilnya.

Grafiknya agak terlalu tajam, tetapi gaya seni berhasil menangkap esensi alam semesta Lovecraftian dan mencampurnya dengan apa yang telah kita lihat di film-film Hollywood tentang Mars. Rasanya anggaran agak rendah, tapi itu cocok dengan kecepatan permainan. Akting suara sama dilupakan seperti akhir permainan, para aktor berusaha terlalu keras atau tidak sama sekali.

Kesimpulan

Moons of Madness mencoba menyesuaikan dengan genre game pengalaman seperti Everybody's Gone to Rapture atau Apa yang terjadi pada Edith Finch. Potensi ada di sana karena pengaturan fiksi ilmiah dan kisah Lovecraftian. Sayangnya, Rock Pocket Games tidak memiliki keberanian untuk melepaskan tangan Anda dan meninggalkan Anda untuk menjelajahi dan menemukan dunia sendiri. Mereka ingin mengontrol narasinya terlalu ketat dan juga merasa perlu untuk memperkenalkan beberapa elemen gameplay yang berlebihan. Alhasil Bulan Gila terasa seperti berusaha terlalu keras dan tersandung sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Ulasan Moons of Madness (PS4)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel